Yusril Ihza Mahendra Menjadi Dosen Tamu di Kuliah Umum Universitas Kutai Kartanegara

Ratusan mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) mendapatkan ilmu dari Mantan Menteri Hukum dan HAM RI Yusril Iza Mehendra. Pada kesempatan itu ia mengklarifikasi pemberitaan nasional yang menyebutkan dirinya mendukung calon gubernur DKI Basuki Cahaya Purnama alias Ahok. Hal itu diungkapkan Yusril saat mengisi kuliah umum di Fakultas Hukum Unikarta, Senin (5/12) pagi kemarin.

Menurut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu, pemberitaan tersebut muncul setelah dirinya mengeluarkan pernyataan kala berkunjung ke Bangka Belitung. Saat itu Yusril mengaku mendukung agar Ahok tetap mencalonkan diri sekalipun telah berstatus tersangka. Pernyataan itu bukan berarti dirinya mengharapkan Ahok memenangi Pilkada DKI, melainkan hanya menegaskan bahwa Ahok tetap berhak mengikuti Pilkada. “Secara hukum memang status tersangka tidak menghalangi pencalonan, maksud saya mendukung Ahok untuk tetap mengikuti Pilkada,” ujarnya.

Namun rupanya, pernyata itu tafsirkan berbeda oleh media dengan menyebut Yusril mendukung Ahok. Padahal sebelumnya Yusril kerap berseteru dengan gubernur DKI non aktif tersebut. Menurut Yusril, dirinya hanya ingin mencontohkan bahwa dalam berpolitik hubungan pribadi tidak boleh rusak. Pilihan politik bolah saja berbeda namun bukan berarti pribadinya bermusuhan. Yusril mencontohkan ayahnya yang masuk Partai Masyumi berteman dengan DN Aidit yang merupakan tokoh PKI, karena memang keduanya berasal dari Belitung. “Jangan karena politik kita jadi bermusuhan,” ujar pakar hukum tata negara tersebut.

Pejelasan Yusril tersebut merespon, pertanyaan seorang pengacara lokal bernama Nasrun yang mengikuti kuliah umum. Kehadiran Yusril di Unikarta memang sengaja diundang pihak kampus untuk menambah wawasan para mahasiswa. Dalam kuliahnya Yusril lebih banyak mengupas hukum Islam dan adat yang disebutnya banyak mempenngaruhi hukum negara. Sedikitnya 200 mahasiswa hadir dalam kuliah umum tersebut.

 

sumber : Radar Kaltim

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *