Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, ST. MM. Menjadi Narasumber di Kuliah Umum Empat Pilar Kebangsaan di Universitas Kutai Kartanegara

Universitas Kutai Kartanegara menyelenggarakan Kuliah Umum bertemakan “Sosialisasi Empat Pilar MPR RI” di Gedung Perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus Universitas Kutai Kartanegara pada hari Kamis (23/3).

Kuliah umum digelar mulai pukul 10.00 WITA hingga pukul 13.00 WITA dengan jumlah peserta 600 orang berasal dari seluruh fakultas yang ada di UNIKARTA dan juga sekolah-sekolah menengah atas yang ada di Tenggarong. Turut pula hadir Rektor UNIKARTA Dr. Sabran, SE beserta para pembantu rektor dan dekan di UNIKARTA. Rektor UNIKARTA menyambut baik adanya sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada generasi muda, terutama mahasiswa ini.

Tujuan dari diselenggarakannya Kuliah Umum tersebut adalah untuk mengingat kembali Pancasila dan Undang-Undang Dasar yang diibaratkan buku usang dimana makna dan artinya mulai di lupakan. Dalam penyampaian materi Kuliah Umum tersebut di datangkan Wakil Ketua MPR RI yakni Mahyudin, ST. MM yang dulu pernah menjabat sebagai Bupati Kutai Timur dan Anggota DPR Kaltim yaitu Hadi Mulyadi.

Menurut Mahyudin, mahasiswa dan seluruh komponen bangsa harus memiliki pemahaman yang benar terhadap Pancasila sebagai dasar negara. “Memahami Pancasila tidak hanya sila-silanya saja, tapi juga sejarahnya. Sehingga nilai-nilai Pancasila dapat diakutualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi Pancasila sejatinya sudah ada dalam diri rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Bapak Mahyudin juga menyampaikan bahwa, pentingnya sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, selain sebagai tombak kebangsaan, juga merupakan falsafah yang kita harus pegang, bukan hanya di lingkungan kampus saja melainkan diseluruh aspek-aspek sendi kehidupan. Menyosialisasikan pemahaman Empat Pilar Kebangsaan kepada para pemuda atau mahasiswa sangat tepat. Tentu saja karena generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan Indonesia di masa depan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *