,

Upaya Meningkatkan Mutu, Fakultas Agama Islam UNIKARTA Kuatkan Kerjasama dengan UIN Antasari

FAI Unikarta tengah berupaya meningkatkan mutu kelembagaannya melalui pembenahan aspek pembelajaran. Baru-baru ini Dekan FAI Unikarta, H. Mubarak, S.Pd.I., M.Pd.I mengunjungi Pusat Pembinaan Bahasa (PPB) dan Perpustakaan Pusat UIN Antasari Banjarmasin (19/4/2017). Kedatangannya dalam rangka menindaklanjuti klausul kerjasama kelembagaan yang telah ditandatangani oleh Rektor Unikarta, Dr. Sabran, SE., M.Si. dengan Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Akhmad Fauzi Aseri, MA terkait Pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi Dosen dan Mahasiswa (Nomor Kerjasama: UKT-001/PKs/III/2017 dan B-206/In.01/II.6/PP.00.9/03/2017) serta kerjasama FAI Unikarta dengan UIN Antasari terkait Pengembangan Perpustakaan (Nomor Kerjasama: UKT-05/Kep.FAI/AU-021/III/2017 dan B-207/In.01/II.6/PP.00.9/03/2017).

Dekan FAI, Mubarak mengatakan bahwa FAI Unikarta sangat berkomitmen dalam meningkatkan mutu kelembagaan. Bentuk kerjasama dengan UIN Antasari yang telah ditandatangani oleh para pihak berkompeten sebelumnya harus diwujudkan dalam bentuk nyata. “Kedatangan saya di UIN Antasari Banjarmasin ini guna mewujudkan dilaksanakannya Tes Bahasa Arab bagi calon lulusan FAI Unikarta” katanya. Dia berharap agar minimal mulai tahun depan para lulusan FAI Unikarta telah bersertifikat TOEFL (Test of English Foreign Language) dan TOAFL (Test of Arabic Foreign Language) sebagai potensi diri dan  bekal memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Saya berkeyakinan dimasa mendatang para lulusan FAI Unikarta dapat sejajar secara keilmuan, output akademik, maupun kesempatannya untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan jika perlu ke luar negeri” katanya.

Adapun untuk mengawali langkah nyata dalam pengembangan perpustakaan, FAI Unikarta sejak tahun akademik 2017-2018 akan mewajibkan para dosen dan mahasiswa untuk mengunggah karya ilmiahnya kedalam Institutional Digital Repository milik UIN Antasari di alamat http://idr.iain-antasari.ac.id . Kontribusi data ilmiah ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dan pengawasan plagiasi atas karya ilmiah yang dibuat oleh para dosen dan mahasiswa FAI Unikarta. Dekan FAI mengatakan bahwa langkah maju ini mesti diapresiasi seluruh civitas akademika FAI Unikarta guna menanggungjawabi moral ilmiah masing-masing pihak selaku insan terpelajar. Selain itu pengembangan perpustakaan juga dapat digiatkan dengan melaksanakan pelatihan pustakawan dilingkungan Unikarta yang bekerjasama dengan Perpustakaan Pusat UIN Antasari Banjarmasin.

 

Dikutip langsung di fai.unikarta.ac.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *