,

Universitas Kutai Kartanegara Lepas PPL FKIP Angkatan XIV

TENGGARONG – Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kutai Kartanegara memberikan pembekalan kepada 122 mahasiswa yang tergabung dari dua program studi (Prodi), Teknologi Pendidikan dan Bahasa Inggris. Pembekalan bertujuan agar mereka siap mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) angkatan XIV tahun 2017, Minggu (1/10).

Ketua Panitia PPL angkatan XIV Srikandini mengatakan 122 mahasiswa yang mengikuti PPL dalam semester ganjil ini terdiri dari 81 mahasiswa program reguler dan 41 mahasiswa program khusus. “Sekolah yang dipakai untuk mahasiswa yang melaksanakan PPL selama dua bulan setengah ini ada 44 sekolah terdiri 18 sekolah untuk reguler dan 26 sekolah untuk program khusus. Ini tersebar ada di Kecamatan Tabang, Muara Muntai, Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Seberang, Loa Kulu dan Tenggarong,” katanya.

Srikandini berpesan seluruh mahasiswa yang mengikuti pembekalan untuk serius dan tetap berkoordinasi baik dengan para dosen pendampingnya di masing-masing kelompok PPL.

Hal senada turut disampaikan Dekan FKIP Suid Saidi dalam sambutannya pada prosesi pelepasan PPL secara simbolis di halaman parkir rektorat, Senin (2/10). “Mahasiswa yang melaksanakan PPL selain mampu mendidik, mengajar dan membimbing juga diharapkan mampu menjadikan peserta didiknya menjadi pintar dan tetap bersikap yang baik antar sesama keluarga besar sekolah tempat melaksanakan PPL,” ujarnya.

Suid menjelaskan adapun dasar hukum pelaksanaan PPL tahun ini ialah mengacu pada Petunjuk Pedoman Akademik dan Kemenristek. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari tujuan PPL yakni untuk menciptakan keseimbangan antara teori di ruang kuliah dengan diimbangi praktek pengalaman lapangan.

“Pasti nanti mahasiswa akan menemukan suka dan duka, akan menemui permasalahan secara bersama atau individu, dan berguna sekaligus membentuk pola pikir yang lebih dewasa. Namun yang lebih penting lebih bagaimana mampu mengembangkan potensi diri dan mampu memberikan pengajaran kepada peserta didik serta bisa menjaga nama baik almamater Unikarta di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui ada tiga materi yang diberikan dalam pembekalan yakni materi Administrasi Pendidikan, Profesionalisme Pendidik, dan Mekanisme Pembuatan Laporan Pendidikan.

Plt. Rektor Unikarta Erwinsyah yang diberi mandat melepas mahasiswa FKIP PPL secara simbolis menegaskan, selain harus mampu melakukan Tupoksi sebagai mahasiswa PPL, peserta juga wajib menjaga sikap dan perilaku selama berada di tengah-tengah masyarakat. “Selain menjaga nama baik institusi diharapkan mahasiswa PPL juga mampu mempromosikan kampus yang kita cintai ini. Ditambah lagi FKIP sekarang sudah akreditasi B dan akan membuka Prodi baru yakni PAUD, ini tentunya menjadi semangat baru kita bersama dan meyakinkan kepada masyarakat jangan ragu untuk bergabung di Unikarta kampusnya orang Kukar,” tegasnya.

 

Sumber dari : KORAN KALTIM

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *