,

Universitas Kutai Kartanegara Rencanakan Kerjasama dengan IAIN ANTASARI Banjarmasi

TENGGARONG – Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) merencanakan kerjasama secara kelembagaan dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Informasi dan Kerjasama BAKPI Unikarta Hj. Maryam, S.Pd.I., M.Pd.I. Dikatakannya bahwa Unikarta akan bekerjasama dengan IAIN Antasari dalam hal pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi Dosen dan Mahasiswa sedangkan Fakultas Agama Islam (FAI) akan bekerjasama dengan IAIN Antasari dalam Pengembangan Perpustakaan.

Kiri-Kanan: Rektor Unikarta, Drs. Sabran, SE., M.Si dan Rektor IAIN Antasari Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, M.A.

“Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama ini insyallah akan dilakukan pada saat pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi PTKIS se Kopertais Wilayah XI Kalimantan, di Tenggarong nanti” katanya, disela-sela diskusi isi nota kesepahaman bersama Dekan FAI, Mubarak, pada Kamis (9/3/2017). Maryam merinci beberapa poin kerjasama yang akan dibangun dengan IAIN Antasari, antara lain: Pengembangan Akreditasi Program Studi,  Pengembangan Akreditasi Perguruan Tinggi, Penguatan manajemen pengelolaan perguruan tinggi,  Program pekerti dan applied approach, Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang keagamaan, Pengembangan kurikulum melalui data sharing/pendampingan tenaga ahli, Penerbitan bersama Jurnal Ilmiah, Penyelenggaraan bersama seminar, dan/atau kegiatan ilmiah lainnya, Pemanfaatan IT untuk peningkatan kualitas proses belajar mengajar, Penyelengaraan Program TOEFL dan TOAFL, Pengembangan Pespustakaan, dan bentuk-bentuk lain yang dianggap perlu.

Foto Kiri Atas: Hj. Maryam, S.PdI., M.Pd.I. (Kabag Informasi dan Kerjasama BAKPI)

Senada dengan hal tersebut, Mubarak juga aktif merespon adanya kerjasama ini. Ia mengatakan bahwa momen penyelenggaraan Rakor PTKIS se Kopertais Wilayah XI Kalimantan di Unikarta, Tenggarong, ini adalah anugerah yang patut diapresiasi melalui langkah nyata berupa kerjasama kelembagaan. Mubarak mengatakan salah satu target kerjasama FAI yang akan disasar ialah melalui perbaikan kualitas perpustakaan. “Kami akan bekerjasama dengan IAIN Antasari dalam pengembangan perpustakaan, khususnya untuk mengeliminir adanya plagiasi karya ilmiah ” katanya. Menurut Mubarak dengan kualitas Perpustakaan Pusat IAIN Antasari yang saat ini terakreditasi “A” sudah sepatutnya jika FAI Unikarta memulai langkah penataan internalnya dari perbaikan kualitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa. Mubarak menambahkan bahwa lingkup kerjasama antara FAI Unikarta dengan IAIN Antasari ialah sharing koleksi digital dan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang perpustakaan. “Ke depan, FAI Unikarta mewajibkan para dosen dan mahasiswanya untuk mengunggah (upload) karya ilmiah berupa hasil penelitian dan skripsi ke digital repository IAIN Antasari pada alamat idr.iain-antasari.ac.id sebagai upaya pencegahan plagiasi” tegasnya.

Adapun sebagai informasi, penyelenggaraan Rakor PTKIS se Kopertais Wilayah XI Kalimantan di Unikarta, Tenggarong, ini akan dilaksanakan dari tanggal 17-19 Maret 2017, yang dihadiri oleh pimpinan pengelola PTKIS se Kalimantan (Timur, Selatan, Barat, Tengah, dan Utara) sebanyak 35 PTKIS.

 

Sumber : http://fai.unikarta.ac.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *