Unikarta peringkat 405 dalam Webometrics

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2004 Webometric semakin diakui sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemajuan sebuah universitas.

Webometric secara periodik mengeluarkan menerbitkan peringkat setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Januari dan Juli. Setiap universitas tentu saja akan dinilai dan diberi peringkat bukan hanya rangking berdasarkan negara dimana universitas itu berada tetapi juga diberi rangking secara keseluruhan / dunia. Jadi setiap universitas tentu bisa mendapatkan rangking yang tinggi tergantung bagaimana mereka menerapkan kebijakan pada penanganan websitenya.

Webometric selama ini menerapkan 4 standar dalam penilaiannya, yang kalau diperhatikan ke – 4 faktor penilaian tersebut menitik beratkan pada publikasi melalui media internet, disini tentu saja publikasi itu harus melalui website universitas tersebut, kualitas dan kuantitas publikasi tersebut juga sangat berpengaruh besar terhadap penilaain webometrics.

Tidak jauh beda dengan blogger dan IM, ternyata Perguruan Tinggi pun ikut berlomba menjadi yang terbaik di dunia online. Kalau blogger sibuk dengan pagerank dan alexa rank maka perguruan tinggi sibuk dengan webometric. Adapun kriteria penilaian webometric sebagai berikut:

 visibility (50%): seberapa banyak situs/page lain yang mempunyai link ke website PT tersebut.
Size (20%): seberapa banyak subdomain atau page yang berapa dibawah domain pada website PT tersebut.
Rich File (15%): seberapa banyak file multimedia yang ada di dalam website PT tersebut, diantaranya dalam format: .pdf, .ps, .ppt, .doc.
Scholar (15%): seberapa banyak dokumen ilmiah yang ada pada website tersebut yang dapat diakses melalui Google Scholar.

Webometrics tidak hanya bisa dilihat dari berapa banyaknya pengunjung atau desain dari website sebuah kampus tertentu, melainkan dari kualitas secara global dan keterlihatan (visibilityi) kampus tersebut (lebih lengkapnya disini)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *