UNIKARTA akan Adakan Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI)

Siklus SPMI Unikarta sudah masuk pada tahap Pelaksanaan Standar Dikti yang merupakan tahap kedua dari siklus PPEPP SPMI, pada tahap sebelumnya, tahap Penetapan Standar sudah clear sehubungan terbitnya Peraturan Yayasan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Standar Pendidikan Tinggi Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi Unikarta yang juga harus diimplementasikan pada aras Fakultas dan Program Studi, Unikarta sekarang tengah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI). Rektor Unikarta (Erwinsyah, S., S.E.,M.Si., C.L.A) memang sudah mempersiapkan pelaksanaannya pada awal Februari 2019, yaitu dengan menetapkan Keputusan Rektor tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong Than 2019. Kepanitiaan pelatihan AMI di Ketuai Dr.Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya,M.Si yang menjabat sebagai Kepala Badan Penjaminan Mutu di Unikarta. Pada Jumat 9 Februari 2019 telah digelar rapat Panitia Pelaksana Pelatihan AMI yang berlangsung di Ruang Rektor Unikarta, rapat dipimpin olkeh Ketua Panitia “Dr.Ida Bagus Made Agung D”, dalam agenda rapat tersebut telah membuahkan hasil berupa disepakatinya agenda dan rancangan kegiatan Pelatihan AMI serta telah dipersiapkannya administrasi pelaksanaan kegiatan, misalnya undangan, daftar hadir, dan sertifikat.

Semula agenda pelatihan AMI direncanakan pada 13-14 Februari 2019, namun berdasarkan kesepakatan dengan pihak Pelatih/Instruktur yang sebelumnya sudah dihubungi melalui surat via email, dan Whatsapp, telah disepakati bahwa agenda pelaksanaan pelatihan AMI akan di laksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 15-16 Februari 2019. Pelatih/Intruktur kita undang sebanyak 2 orang, 1 orang dari UGM, dan 1 orang dari Unmul “terang: Dr.I.B.Made A. Dwijatenaya”. Dari UGM kita undang Pelatih/Instruktur Senior yakni “Bpk. Dr.J.Pramana Gentur Sutapa,M.Sc”, dan dari Unmul kita undang Pelatih/Instruktur dari LP3M, yaitu “Ibu Penny Pujowati,S.P.,M.Si”. untuk lokasi kegiatan direncanakan kita akan menggunakan Ruang Pertemuan Gedung Kantor Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara dengan lokasi alternative di Pendopo Wakil Bupati Kutai Kartanegara, kita sudah surati keduanya “pungkas Bpk. Erwisnyah,SH.,SE.,M.Si.,CLA Rektor Unikarta”

Terkait teknis pelaksanaan pelathan Bpk. Dr.I.B.Made A.Dwijatenaya menerangkan bahwa metode kegiatan meliputi: penyampaian materi melalui presentasi oleh Pelatih dan dibarengi dengan diskusi Tanya jawab, kemudian pada hari kedua akan dikhususkan untuk ke Prkatik Audit Mutu Internal (AMI). Beberapa rancangan materi yang kami koordinasikan kepada pihak Instruktur diantaranya mengenai:

  • Akreditasi Institusi (9 Standar);
  • Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI);
  • Teori Audit Mutu Internal (AMI);
  • Teori Perencanaan Audit Mutu Internal;
  • Teori Pelaksanaan Audit Mutu Internal; dan
  • Panduan Praktik Audit Mutu Internal.

Untuk peserta pelatihan kami akan mengikutsertakan + sebanyak 60-an orang peserta yang terdiri dari Unsur Pimpinan Unikarta, seluruh Program Studi, LPPM, Biro, Unit Kerja, Yayasan, serta Tim Akreditasi Perguruan Tinggi Unikarta yang dibentuk Rektor sejak tahun 2018, namun pada saat praktik audit di hari kedua, peserta yang akan diikutsertakan hanya sekitar 30-an orang, terutama peserta Inti dari tiap Program Studi, dan peserta yang memang sudah pernah mengikuti Lokakarya/Workshop/Bimtek/Pelatihan SPMI, karena peserta inilah yang nantinya akan ditugaskan sebagai Auditor untuk melaksanakan Audit pada tiap Program Studi nantinya, dan juga agenda pelatihan pada hari kedua adalah terkait dengan praktik Audit di Program Studi. Selain itu, Ketua Panitia “Dr.Made” juga menerangkan bahwa telah mengundang 6 Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Kaltim untuk ikut serta dalam kegiatan pelatihan, namun untuk tiap PTS yang mendaftar kami batasi maksimal 2 orang, yaitu:

  1. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  2. Universitas Tridharma
  3. STMIK Balikpapan
  4. STMIK Samarinda
  5. Sekolah Tinggi Teknologi Migas
  6. STIE Madani Balikpapan

Tujuan dari dilaksanakan kegiatan Pelatihan AMI nantinya adalah untuk membangun komitmen bersama untuk melaksanakan SPMI, mempersiapkan implementasi SPMI khususnya untuk tahap Evaluasi Pelaksanaan Standar dalam SPMI, dan melatih peserta calon Auditor Unikarta untuk dapat melaksanakan tugas Audit Mutu Internal dengan baik.

Dari kegiatan pelatihan AMI ini nantinya juga diharapkan adanya kesepahaman semua pihak Perguruan Tinggi mengenai pentingnya melaksanakan SPMI, serta diharapkan dapat terwujudnya implementasi SPMI sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dan tersedianya calon Auditor yang berkompeten di bidang Audit Mutu Internal.

Setelah kegiatan pelatihan nanti selesai dilaksanakan, selanjutnya Rektor Unikarta akan segera menetapkan Keputusan Rektor tentang pembentukan Tim Audit Mutu Internal (AMI) Unikarta yang akan bertanggungjawab melaksanakan tugas Audit terhadap implementasi SPMI baik di aras Universitas, aras Fakultas, dan aras Program Studi, tepatnya Tim AMI Unikarta akan melaksanakan tugasnya untuk melaksanakan tahapan siklus PPEPP SPMI yang ketiga, yaitu “Evaluasi Pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi” ungkap Kepala Badan Penjaminan Mutu Unikarta. Kembali Rektor Unikarta “Erwinsyah” mengungkapkan bahwa pihaknya yakin bahwa dengan dilaksanakannya Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) nantinya pasti akan memberikan manfaat dan membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, dan SPMI bisa terimplementasi dengan baik pada semua aras Perguruan Tinggi, yaitu Universitas, Fakultas, dan Program Studi. Dukungan semua pihak sangatlah kami harapkan. (Unikarta Tenggarong)

 

Undangan dapat di download di bawah ini :

  1. Undangan AMI (Eksternal)
  2. Perubahan Undangan AMI (Internal)
  3. Undangan AMI (Pimpinan)

Materi dapat di download di bawah ini :

  1. Buku Pedoman AMI 2018
  2. Pengertian Audit Mutu Internal (AMI)
  3. Teori Audit Mutu Internal (AMI)
  4. Teori Perencanaan Audit Mutu Internal (AMI)
  5. Panduan Praktek AMI Dokumen
  6. Panduan Praktek AMI Kepatuhan
  7. Contoh Laporan AMI PPB 2016

#SPMIUnikarta #SPMIUnikarta #SPMIUnikarta 

#SPMIUnikarta #SPMIUnikarta #SPMIUnikarta 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *