Tetapkan Target Baru, FAI Unikarta Siapkan Rencana

FAI Unikarta tengah menyiapkan rencana pengembangan, hal ini disampaikan Dekan FAI Unikarta, H. Mubarak, S.Pd.I., M.Pd.I., di sela-sela kegiatannya memantau Ujian SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) Tahun Akademik 2017-2018, kemarin (29/05/2017). Bertempat di ruang Laboratorium Komputer Unikarta, Ujian SPMB Unikarta tahun ini menerapkan Computer Assisted Test (CAT) sebagai basis tes penerimaan mahasiswa baru.

Sehubungan dengan target baru FAI Unikarta, Dekan FAI Unikarta Mubarak mengatakan bahwa saat ini FAI Unikarta tengah menyiapkan rencana-rencana dan target-target baru guna mengembangkan kualitas layanan, kualitas pembelajaran, kualitas input-output SDM serta kualitas hasil yang akan dicapai nantinya. Dia juga menegaskan bahwa FAI Unikarta sangat berkomitmen dalam mengupayakan peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu lulusan yang akan dihasilkan.

Sembari memantau jalannya Ujian SPMB yang dilaksanakan hari itu, ada perkataan menarik yang disampaikannya. Dia menyitir syair Arab yang mengatakan: “Tarju al-Najah wa Lam Tasluk Masalikaha, Inna al-Safinah Lam Tajri ‘ala al-Yabas”, yang jika diartikan berbunyi “Engkau berharap sukses namun tak menempuh jalannya. Ketahuilah, sesungguhnya kapal itu tidak akan berlayar di atas daratan yang kering”. Menurut Mubarak ungkapan ini adalah sindiran secara halus (persiflase) bagi mereka yang hanya mengharap kesuksesan saja tanpa melakukan usaha tertentu, maka tak pelak harapan itu hanyalah sebuah kesia-siaan belaka.

Mubarak mengatakan bahwa beberapa waktu yang lalu FAI Unikarta telah mendorong penataan Kurikulum Program Studi PAI menjadi Kurikulum berbasis KKNI (atau belakangan disebut Kurikulum berstandar SN-DIKTI dan KKNI). Dia juga mengatakan bahwa baru-baru ini FAI Unikarta juga membuka kerjasama internasional dengan Fakultas Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia (FPI-UKM) dan kerjasama yang sama dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), dimana dengan terbukanya peluang kerjasama pendidikan secara internasional ini bagi dosen dan mahasiswa akan mempermudah akses untuk ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri.

Guna melengkapi kemampuan dosen dan mahasiswa, khususnya bagi yang berorientasi pendidikan luar negeri, FAI Unikarta turut menargetkan implementasi bilingual tes, melalui TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language). Terkhusus untuk TOAFL, yang dikerjasamakan dengan UIN Antasari Banjarmasin, FAI Unikarta tengah menyiapkan laboran khusus berkualifikasi S2 Bahasa Arab. Hal ini menurut pengakuan Mubarak akan menempatkan Unikarta pada empat tahun yang akan datang menjadi pusat pengembangan standar tes Bahasa Arab di Kalimantan Timur.

 

 

Berita dikutip langsung dari fai.unikarta.ac.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *