SANTI AJI KULIAH KERJA NYATA (KKN) REGULER, MANDIRI dan BINA KAMPUS ANGKATAN XVIII GELOMBANG II TAHUN 2016

 

Pada tanggal 15-16 Juli 2016 LPPM kembali melaksanakan kegiatan Santiaji Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XVIII Gelombang II Universitas Kutai Kartanegara dengan mengusung tema yaitu “Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa dan Membangun Kampus Etam.” yang pada Gelombang II ini diikuti oleh mahasiswa dari 7 fakultas yaitu FAPERTA,FKIP,FAHUM,FISIPOL,FEBIS,FATEK, dan FAI. Kegiatan yang di laksanak di gedung serbaguna BAPEDA.

39

Penyampaian : Rektor memberikan motivasi dan arahan ke peserta KKN UNIKARTA

Santiaji tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Kutai Kartanegara Bapak Dr. Sabran. SE., M.Si, diawali sambutan ketua LPPM Bapak Dr.Ir. Ince Raden, MP yang dalam sambutannya santiaji merupakan pembekalan untuk para mahasiswa dalam melaksanakan KKN di lapangan, sesuai dengan tema yang ada terlihat jelas sasaran yang dituju untuk para mahasiswa, seperti yang kita ketahui bahwa KKN ini kewajiban bagi mahasiswa, sesuai dengan surat edaran dari bapak Rektor, bahwa KKN ini mempunyai manfaat yang luar biasa dan membangun masyarakat khususnya didaerah pedesaan, serta untuk mahasiswa diberi kesempatan dan pengalaman-pengalaman untuk bisa menidentifikasi memecahkan masalah yang ada di daerah pedesaan Kutai Kartanegara. Diharapkan seluruh peserta KKN ini bisa saling membangun kerja tim karena anda-anda semua berasal dari tujuh ilmu fakultas yang berbeda-beda, sehingga anda dapat menerapkan ilmu yang anda dapat di Universitas Kutai Kartanegara.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rektor Universitas Kutai Kartanegara yaitu yang lebih menekankan bahwa mahasiswa KKN bukan hanya melakukan program kerja yang bersifat pembangunan infrastruktur tapi seperti membuat plang jalan salah satu contohnya tapi program kerja yang bersifat tematik. Anda yang semua hadir disini merupakan pembuat dan salah satu  membesarkan Kampus Ungu Universitas Kutai Kartanegara, saya pernah mengatakan jikalau kampus UNIKARTA berkualitas, sdm nya berkualitas, sehingga dosen yang berkualitas Insya Allah daerah itu akan berkualitas, karena apa membangun itu membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satu point penting perguruan tinggi menghasilkan sarjana-sarjana berkualitas, jadikan momentum ini hal yang penting karena visi kita bagaimana kita mendorong Universitas kewirausahaan jadi seorang sarjana yang berwirausaha, berwirausaha yang sarjana. Ini hal yang penting ditengah kondisi perekonomian disaat ini.

Santiaji tersebut juga dihadiri oleh supervisor masing-masing kelompok mahasiswa yang telah dibagi per desa di kecamatan yang menjadi tempat pelaksanaan KKN tahun ini yaitu (BukitBiru, Jahab, Loa Tebu, Rapak Lambur, Maluhu, Bendang Raya), (Pela, Sebelimbingan, muhuran, sakuliman, sp3, sp2, sp1, sumber sari, loleng, wonosari, sukabumi, kedangipil, sedulang, benua baru, sarinadi). Santiaji tahun ini tidak hanya ditempatkan di desa namun ada juga KKN Mandiri dan KKN Bina Kampus yang memiliki syarat bagi mahasiswa yang tidak bisa mengikuti KKN Reguler di desa dikarenakan alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam KKN Mandiri mahasiswa dibebaskan memilih desa untuk mereka melakukan KKN dengan terdiri dari 10 anggota dalam satu kelompok sedangkan untuk KKN Bina Kampus mahasiswa melakukan KKN di lingkungan kampus yang juga terdiri dari 10 anggota dalam satu kelompok dan kelompok KKN Bina Kampus.

Acara Santiaji ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 15-16 Juli 2016 yang dimana setelah acara pembukaan santiaji selesai dilanjutkan dengan materi penyampaikan tentang tata tertib dan sistem penilaian KKN nantinya bagi peserta Santiaji.

Santiaji yang dilakukan selama dua hari ini diharapkan menjadi peta pemikiran bagi mahasiswa yang akan mengikuti KKN agar bisa melaksanakan program kerja yang ditargetkan sesuai dengan basic keilmuannya masing-masing supaya lebih terarah dan bersifat melakukan perkaderan bagi seluruh elementasi untuk meningkatkan kapasitas pemerintah maupun masyarakat desa sesuai dengan tema yang diusung KKN tahun ini.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *