Rapat Koordinasi KOPERTAIS Wilayah XI Kalimantan Timur 2017 Di Universitas Kutai Kartanegara Berlangsung dengan Sukses

Tuan rumah Universitas Kutai Kartanegara harus bangga karena acara Rapat Koordinasi KOPERTAIS  Wilayah XI 2017 di UNIKARTA berlangsung dengan lancar tanpa terkendala apapun. UNIKARTA mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Rarok se-Kalimantan ini.

Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari, S.Sos, M.M., Ph. D., secara resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Rakor PTKIS) se Kopertais Wilayah XI Kalimantan, kemarin (17/3/2017). Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Ketua Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Prof. Dr. H. Akh. Fauzie Aseri, M.A., atas ditunjuknya Kota Tenggarong sebagai ‘tuan rumah’ perhelatan tahunan Kopertais tersebut. “Saya menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan selamat datang di kota Tenggarong kepada bapak ibu semua. Kalau ke Kaltim, belum ke Tenggarong, belum sah” katanya, sembari berkelakar kepada para hadirin.

“Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, semoga menjadi ikhtiar guna menemukan berbagai pemikiran, ide-ide segar, solusi alternatif, sekaligus sebagai forum diskusi dan sharing diantara pengelola PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah XI Kalimantan” ujar Bupati sebelum mengakhiri sambutan dan membuka kegiatan secara resmi.

Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Rakor PTKIS) se Kopertais Wilayah XI Kalimantan resmi dilaksanakan setelah dibuka oleh Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, S.Sos., MM., Ph.D (17/03/2017) di Pendopo Bupati Kutai Kartanegara, Jalan Mulawarman, Kelurahan Panji, Tenggarong. Berikutnya, perhelatan tahunan ini dialihkan ke Kampus Universitas Kutai Kartanegara (18/03/2017) di Jalan Gunung Kombeng, Tenggarong.

 

Sambutan yang meriah ditunjukan oleh Rektor Universitas Kutai Kartanegara, Dr. Sabran, SE., M.Si. kepada Ketua Kopertais Wilayah XI Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Asrie, MA., manakala beliau beserta rombongan dari pejabat Kopertais Wilayah XI Kalimantan dan Pimpinan PTKIS se Kalimantan (Timur, Selatan, Tengah, Barat dan Utara) tiba di depan Kampus Ungu. Diiringi lantunan sholawat, musik rebana dan tarian khas kesenian Hadrah Kutai, rombongan pun digiring menuju pelataran Kantor Rektorat. Setibanya di tempat kegiatan Rakor para tamu disuguhi hidangan pembuka sekaligus ramah tamah untuk selanjutnya menerima rangkaian acara awal kegiatan Rakor.

“Pribadi dan mewakili lembaga, mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada kawan-kawan mau berbagi gagasan memajukan kampus masing-masing. Tentu UNIKARTA akan mengambil ide kawan-kawan untuk memajukan pendidikan di Kukar,” ucap Rektor.

Rakor diawali dengan penyampaian materi secara panel antara Ketua Kopertais XI Kalimantan dengan Rektor Unikarta. Materi awal ini ialah “Manamejen Mutu Kelembagaan PTKIS” dan “Transformasi Unikarta Menuju Enterpreneur University”. Selanjutnya materi dilanjutkan oleh Kepala Biro AUAK IAIN Antasari Drs. H. Sofiansyah, M.Si dan Sekretaris Kopertais XI Dr. Helmi Mizani, M.Ag., setelah break makan siang.

Puncak acara Rakor yaitu Musyawarah Pimpinan PTKIS yang dipandu oleh Ketua Forum Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Fopertais) terjadi pada pukul 16.30 Wita hingga menjelang Maghrib. Dibawah arahan Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si., MH., yang juga selaku Rektor IAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas rapat pimpinan PTKIS ini berjalan lancar, meski sedikit terdapat perdebatan. Rumusan hasil rapat Pimpinan PTKIS ini ialah: (1) Merekomendasikan pelaksanaan Rakor Fopertais ke-1 di bulan April 2017 mendatang di Jakarta, menghadirkan narasumber dari Ditjen Pendis Kemenag RI, BAN-PT dan Kemenristekdikti; (2) Merekomendasikan dilaksanakannya Rakor Tahunan Kopertasi XI tahun 2018 di Kabupaten Nunukan, dengan tuam rumah STIT Ibnu Khaldun; dan, (3)  Merekomendasikan dilakukannya studi banding dan perjanjian kerjasama ke beberapa perguruan tinggi di Malaysia yang memiliki cakupan keilmuan yang sama (seperti: Universitas Islam Antar Bangsa, Universitas Malaya dan Universitas Pendidikan Sultan Idris.

Agenda malam hari setelah penutupan acara Rakor ialah dilakukan penandatangan kerjasama antar PTKIS se Kalimantan dengan IAIN Antasari, Banjarmasin.

Sumber : http://fai.unikarta.ac.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *