PIN dan SIVIL akan Segera Diterapkan

Palangka Raya, 14 Mei 2018- Kopertis Wilayah XI Kalimantan bersama dengan Direktorat pembelajaran Kemenristekdikti RI melaksanakan Bimbingan Teknis Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (Sivil) kepada Perguruan Tinggi Swasta pada lingkup koordinasi Kopertis Wilayah XI di Aula Kampus Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Acara ini sendiri diikuti oleh para perwakilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Kalimantan, sebanyak 150 PTS. Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada perguruan tinggi dan memberikan pengetahuan secara teknis dalam proses implementasi PIN SIVIL.

Koordinator Kopertis Wilayah XI, Prof Idiannor Mahyudin, mengatakan harapan pihaknya dengan kegiatan sosialisasi PIN dan Sivil ini adalah menertibkan layanan masyarakat untuk terdata dengan baik, kalau sesorangan itu masuk dan berproses di perguruan tinggi swasta. Para mahasiswa sejak awal masuk benar-benar tercatat oleh PTS, melalui operator kemudian dilaporkan ke Dikti sehingga tak ada istilah penumpang ‘gelap’. “Kita khawatiir, pemerintah terutama dan juga masyarakat, tiba-tiba kapan kuliah, kapan masuk di PTS? , tiba-tiba ada ijasah perguruan tinggi swasta tersebut,” jelasnya.

Untuk mengatisifasi itu maka diharapkan adanya penomoran teratur, Apakah ada sangsi ke PTS jika tak laporkan penomoran tersebut ke Dikti? Idiannor mengatakan, tentunya ada namun mereka ingatkan dulu bahwa, pertama jangan sampai mahasiswa satu tidak terdaftar.

PTS sebelum melakukan wisuda wajib melakukukan pelaporan, jika tiidak terdaftar di Dikti maka pihaknya tak ijinkan lakukan wisuda. “Kalau mereka lakukan juga berati itu tidak asli atau palsu,” paparnya.

Diharapkan apa yang telah dipaparkan oleh Narasumber tentang PIN dan SIVIL dapat diaplikasikan pada PTS masing-masing untuk tertib administrasi ijazah mahasiswa.

Dalam acara ini pihak Direktorat Pembelajaran Kemenristekdikti menghadirkan narasumber dari Pusdatin Ruddy J.Suhatriln, dan dari Direktorat Pembelajaran yaitu Dharnita Chandra, Dany Prima Kresnala Direktorat Pembelajaran.

Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *