Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Kutai Kartanegara Berlangsung Sukses

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) yang dilakukan selama tiga hari berlangsung sukses. Panitia penyelenggara yang diko-mando langsung oleh Alpian Nur selaku ketua panitia mampu men-desain PKKMB tahun ini berjalan lancar, sehingga rangkaian acara bisa berlangsung semaksimal mungkin selama tiga hari terhitung sejak Senin (29/8) sampai dengan Rabu (31/8).
“Jadi konsep di hari terakhir ini kita buatkan dokumentasi berupa video dengan rangkaian materi-materi yang dimulai sejak hari pertama, kedua dan hari ini,” kata Alpian.
PKKMB tahun ini mengambil tema membangun karakter mahasiswa yang berkarakter Pancasila. Konsep kenang-kenangan yang diperun-tukkan bagi para peserta yakni bertu-juan agar peserta ketika sudah memasuki kehidupan kampus tidak melupakan moment-moment keber-samaan ketika sedang melaksanakan kegiatan PKKMB.
“Membangun kebersamaan, keke-luargaan dan berbicara tentang materi-materi yang telah mereka dapatkan. Contohnya seperti kemarin pada hari pertama kita datangkan pemateri dari Kodim untuk mem-berikan pemaparan tentang bahaya-nya radikalisme di kalangan maha-siswa,” ucap Alpian.
Sedangkan materi untuk hari kedua, Alpian menyampaikan para Maba mendapatkan penjelasan secara khusus dari pihak jajaran fakultas yang ada di Unikarta. “Untuk hari ketiga ini kita membuat konsep orasi ilmiah, jadi pemateri diwakili oleh Ketua BEM yang ada di setiap fakultas, kemudian dirangkai dengan kreativitas yang ditunjukkan oleh para peserta,” jelasnya.
Alpian menegaskan untuk pem-buatan video sendiri pihak panitia menyiapkan pengambilan gambar secara khusus dengan menggunakan drone. Ketika sudah jadi menjadi video pihak panitia akan meng-upload secara ekslusif ke You Tube. “Jadi ketika adik-adik Maba ini ingin bernostalgia kembali pada masa-masa PKKMB bisa langsung membukanya ke You Tube,” tegasnya.
Secara personal dan secara kepanitiaan PKKMB Alpian berpesan kepada seluruh Maba agar menja-dikan kuliah itu bukan hanya sekadar mencari nilai tugas dan IPK. Kuliah merupakan tentang orang-orang sekitar yang ditemui dan pengalaman yang sedang dijalani. “Memori yang kalian buat, skill yang kalian latih dan pemahaman yang kalian dapatkan. Carilah teman sebanyak-banyaknya,” harapnya.
“Kita ketahui sekarang, kita ini hidup didunia yang sangat kompleks yang bisa menjadi lahan subur kesalah-pahaman, sehingga kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan diri menjadi hal yang sangat penting bagi adik-adik Maba,” imbuh Alpian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *