Pelepasan Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XVIII Gelombang II tahun 2016

42.1

siap melaksanakan tugas mahasiswa: Upacara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XVIII Gelombang II tahun 2016

KKN Reguler, Mandiri dan Bina Kampus

Senin (18/7) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) menggelar pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XVIII Gelombang II tahun 2016. Acara pelepasan dilaksanakan di halaman parkir gedung Rektorat Unikarta dengan dihadiri langsung Rektor Unikarta DR. Sabran dengan didampingi Staf Ahli Bupati Bagian Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia H. Otoy Usman, SH.,MH, Ketua Pembina Yayasan Kutai Kartanegara Lukman, S.Sos.,M.Si, Wakil Rektor III bidang kemahasiswa dan kealumnian Dr. Sujiman, MP, Ketua LPPM serta seluruh dekan fakultas. Kamis (10/3).

KKN XVIII gelombang II kali ini diikuti 263 mahasiswa dan dibagi dalam tiga kategori KKN, yakni Reguler, Mandiri dan Bina Kampus. KKN Reguler dilaksanakan di Kecamatan Kota Bangun terdiri dari lima belas desa (Pela, Sebelimbingan, muhuran, sakuliman, sp3, sp2, sp1, sumber sari, loleng, wonosari, sukabumi, kedangipil, sedulang, benua baru, sarinadi)dan diikuti 184 mahasiswa. Untuk KKN Mandiri dilaksanakan di Kecamatan Tenggarong terdiri dari 6 desa (BukitBiru, Jahab, Loa Tebu, Rapak Lambur, Maluhu, Bendang Raya) dan diikuti 58 mahasiswa. Sedangkan kategari KKN Bina Kampus dilaksanakan di Kampus Unikarta dan di ikuti 21 mahasiswa.

“KKN ini dalam Tridharma Perguruan Tinggi memang masuk dalam ranah pengabdian kepada masyarakat, jadi mahasiswa diwajibkan mengambil satu mata kuliah yaitu Kuliah Kerja Nyata,” terang Bapak Rektor Dr. Sabran.SE.,M.Si. KKN ini merupakan bagian penting seorang mahasiswa menjadi seorang sarjana, dan merupakan kewajiban mahasiswa UNIKARTA.

Dr.Sabran.SE.,M.Si berharap dengan adanya KKN ini Unikarta mampu memberikan bekal kepada mahasiswa sebelum nantinya masuk kedalam kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya. “KKN hari ini merupakan bagian dari program terdahulu yang telah kita laksanakan. Harapan saya nanti yang akan dicapai peserta bisa betul-betul dievaluasi oleh supervisi kemudian apa yang mereka berikan kepada masyarakat dan sebagainya bisa bermanfaat,” yang pada intinya peserta KKN harus bisa menjaga nama baik almameter dalam menjalankan tugas pokok mahasiswa. Selain itu juga jaga kekompakan antar kelompok dan antar individu. Karena anda semua akan masuk ke dalam lingkungan masyarakat promosikan Unikarta tunjukan kalau kampus kita tercinta ini bisa di percaya oleh masyarakat.

Sambutan Bupati Kutai Kartanegara yang di wakilkan oleh Staf Ahli Bupati Bagian Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia H. Otoy Usman, SH.,MH “KKN ini merupakan perwujudan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Para mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang sudah diperoleh dikampus, dengan kondisi yang sebenar-benarnya ditengah masyarakat, sehingga mahasiswa mempunyai peran penting untuk kemajuan Kutai Kartanegara. Dan bersamaan dengan visi dan misi Gerbang Raja jilid ke dua yaitu  dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terobosan dilakukan melalui “bena kampong etam” yang merupakan model pengembangan pemberdayan kelembangaan pranata social ekonomi pedesaan dan mendorong pratisipasi masyarakat terhadap kepedulian sosial dalam pembangunan wilayah pedesaan. (humasJJ)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *