Pelepasan 325 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XIX Universitas Kutai Kartanegara

Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) telah melepas 325 mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kamis (29/12). Rektor Unikarta Dr. Sabran, SE. M.Si turut serta langsung dalam pelepasan Mahasiswa KKN yang merupakan KKN angkatan XIX tahun 2016.

“Alhamdulillah kita telah melakukan pelepasan 325 mahasiswa dalam rangka untuk mengikuti KKN di beberapa kecamatan dan desa. Kita mengapresiasi pemerintah daerah telah menerima dengan bagus dan ini dijalankan dengan cara program KKN Reguler, Mandiri dan Bina Kampus,” kata Rektor usai acara pelepasan. Rektor menekankan KKN ini merupakan wadah dan sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu yang diperoleh di kampus sesuai dengan tematik yang ditentukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unikarta sesuai dengan program studi masing-masing.

“Kaitannya dengan kemandirian ekonomi dan desa mandiri nanti mereka berperan penuh bagimana melakukan pemetaan ulang, kemudian melakukan diskusi mendalam terkait dengan program yang telah dibuat. Mudah-mudahan ini menjadi point penting dalam pengabdian kepada masyarakat, karena diharapkan program KKN ini bisa menyentuh pada akar substansi, walaupun kita sadari kita bukan superman,” ucap Rektor.

Disebutkan Rektor, posisi mahasiswa pada saat sekarang ini diharapkan mampu menjadi mitra antara pemerintah daerah dan Unikarta. Untuk mahasiswa yang mengikuti program KKN Bina Kampus juga bisa berperan aktif dalam hal seperti contoh program green and clean campus, mengadakan seminar serta memberikan ruang kepada SKPD dan perusahaan-perusahaan untuk turut serta memberikan dampak positif untuk Unikarta.


“Kita kedepan juga lebih luas lagi terkait program KKN, misalnya bisa masuk ke pemerintah dan lain-lain serta melibatkan kampus-kampus lain. Jadi ada kolaborasi antara kampus, pemerintah daerah dan perusahaan,” sebutnya.Rektor menegaskan peran mahasiswa KKN sangat strategis dalam hal memberikan contoh serta ajakan secara masif terkait kemandirian ekonomi dan pengembangan tingkat SDM Kukar. “Menjadi daya tarik dan motivator buat masyarakat, dan harapan kita ada sesuatu hal yang bisa dikembangkan terkait potensi yang ada di desa tempat KKN, walaupun saat ini kita juga sudah ada desa mandiri yang ada di Loa Kulu. Ini juga salah satu kriteria kita bagaimana KKN itu bisa mendorong dan berbakti kepada masyarakat,” tegasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *