,

LPPM Universitas Kutai Kartanegara Miliki Lembaga Penerbit

Untuk mendorong peningkatan publikasi karya ilmiah dan karya tulis di Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Unikarta mendirikan lembaga penerbit.

“Nama penerbitnya LPPM Unikarta Press. Kita bentuk tahun 2016,” jelas Ketua LPPM Unikarta, Dr. Ir. Ince Raden MP,  Selasa (18/04).

Dosen Fakultas Pertanian Unikarta itu menjelaskan, pendirian LPPM Unikarta Press memiliki tujuan untuk menyediakan wadah bagi dosen atau penulis secara umum untuk bisa mendaftarkan karyanya di internasional serial books number (ISBN).

“Bagi penulis yang ingin menerbitkan bukunya di penerbit LPPM Unikarta Press, maka karyanya akan dipublikasi secara nasional dan internasional,” terangnya.

Sejauh ini, ungkap Dr. Ince Raden, pihaknya sudah menerbitkan buku antara lain Pembangunan Pedesaan Dan Kemitraan Agribisnis yang ditulis Dr. Ir. Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya M.Si dan Dr. Ir. Ince Raden MP;  Model Berkelanjutan Lahan Pasca Tambang Batu Bara Di Kabupaten Kutai Kartanegara yang ditulis Dr. Sujiman MT;  Kajian Faktor Sosial Demografi, Kompetensi, Produktivitas, dan Kesejahteraan yang ditulis Dr. Ir. Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya M.Si.

Menurutnya, publikasi karya ilmiah dalam bentuk buku sangat penting bagi dosen, oleh sebab itu pihaknya akan memprogramkan bedah buku minimal sekali setahun, kemudian berusaha memberikan insentif buat dosen yang menulis buku.

Tidak hanya di internal Unikarta, LPPM Unikarta Press juga akan mengajak penulis di Kukar untuk menerbitkan bukunya. “Keunggulan LPPM Unikarta Press adalah lembaga kampus. Dari segi finansial lebih murah untuk membayar penerbit,” ungkapnya.

LPPM Unikarta Press juga membuka peluang bagi pemerintah daerah yang ingin menerbitkan buku. “Jika ingin menerbitkan buku bisa menanyakan syarat-syaratnya kepada melalui contact person 0813 4755 8243 (Aswan, SP) dan 0821 4984 0425 (Ufqil Mubin SE),” pungkasnya.

 

 

Dikutip dari mediaperadaban.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *