LPPM Universitas Kutai Kartanegara Adakan Pelatihan Jurnal Online

Rektor Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong, Dr. Sabran SE.,M.Si menjelaskan bahwa saat ini Indonesia berada pada peringkat terendah di Asia Tenggara dalam penelitian dan publikasi hasil penelitian.

“Bahkan Indonesia masih di bawah peringkat Serbia, negara kecil pecahan Uni Soviet,” kata Dr. Sabran dalam pembukaan acara Pelatihan Jurnal Online Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat  (LPPM) Unikarta, di Ruang Rapat Rektorat, Jum’at (28/04).

Dikatakan Sabran, pemerintah pusat menyadari hal tersebut. “Maka dikeluarkan aturan dari pemerintah untuk mendorong penelitian, pengembangan penelitian, dan publikasi penelitian di setiap perguruan tinggi,” ungkapnya.

Ketua LPPM Unikarta Dr. Ir. Ince Raden MP mengatakan, latihan Jurnal Online adalah salah satu langkah universitas untuk mendorong publikasi dan akreditasi jurnal di Unikarta. Dia mengungkapkan, saat ini Unikarta memiliki jurnal dibeberapa fakultas.

“Maka dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan gambaran kepada pengelola jurnal di masing-masing fakultas untuk mengembangkan jurnal,” kata Dosen Fakultas Pertanian Unikarta itu.

Kegiatan yang diketuai oleh Heru Suprapto, SE.,M.Si itu bertujuan untuk memotivasi pengelola jurnal begitu pentingnya menulis, akreditasi jurnal, melakukan penelitian, publikasi penelitian, dan pengembangan penelitian di Unikarta.

“Peserta yang ikut di setiap fakultas ada empat orang di antaranya penulis jurnal/author, reviewer, editor dan pengelola jurnal,” katanya.

Acara yang akan berlangsung pada tanggal 28-29 April 2017 di Ruangan Rapat Rektorat Unikarta yang mengangkat tema Tata Kelola Jurnal Ilmiah Menuju Akreditasi Nasional itu menghadirkan pemateri dari Relawan Jurnal Indonesia. Ada tiga pembicara, antara lain Arbain S.Pd.,M.Pd, Dedi Rahman Nur S.Pd.,M.Pd dan Miftahul.

 

 

Sumber : mediaperadaban.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *