,

Kuliah Umum tentang HIV Aids dalam Rangkaian Sosialisasi Kerjasama dengan PT. MHU Coal

Universitas Kutai Kartanegara melaksanakan kuliah umum dalam rangkaian sosialisasi kerjasama dengan PT. MHU Coal, Jumat (10/2) . Hal ini juga merupakan bentuk dari tanggung jawab PT. MHU Coal terhadap lingkungan sekitarnya. MHU berkomitmen untuk tidak hanya mematuhi segala peraturan terkait Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) serta untuk mendapatkan “social license to operate”, namun juga melakukan inisiatif-inisiatif lebih dari apa yang dipersyaratkan (beyond compliance) sebagai upaya untuk menjadi warga korporat yang baik. Untuk mencapai misi tersebut, MHU senantiasa berupaya untuk berkonsultasi dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan.

Agar dapat mengelola penambangan yang berwawasan pada prinsip-prinsip berkelanjutan, pertimbangan lingkungan dan sosial  merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam operasi penambangan, terutama karena masyarakat sekitar memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap sumber daya alam. MHU berkeinginan untuk berdampingan secara harmonis dengan masyarakat sekitar operasi sehingga masyarakat juga mendapatkan manfaat akan kehadiran operasi MHU.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui program-program sosial dan pemberdayaan masyarakat yang didasarkan pada upaya-upaya untuk mencegah atau minimalisasi dampak sosial akibat operasi MHU, mengoptimalkan potensi lokal dalam supply chain, serta mendorong kemandirian masyarakat dan organisasi desa dalam menjalankan kelangsungan hidupnya. Program-program tersebut tidak hanya dilakukan oleh MHU secara independen, namun bermitra dengan Pemerintah, masyarakat setempat, perusahaan-perusahaan, khususnya pertambangan di sekitar wilayah operasi, serta pihak-pihak lain yang memiliki komitmen dalam pemberdayaan masyarakat. Salah satunya melakukan kerjasama dengan UNIKARTA.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *