,

KKN-K2 (Kuliah Kerja Nyata-Kerjasama Kemitraan) SKK Migas-TEPI & LPPM Unikarta

Sebagai wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial (TJS) SKK Migas-TOTAL E&P INDONESIE (TEPI) secara aktif memberikan kontribusi untuk memperbaiki kondisi kehidupan masyarakat yang berada di sekitar lokasi Perusahaan melalui Program Dukungan untuk Operasi (PPO). Sebagai salah satu pilar CSR TEPI dalam program pendidikan & penelitian, Perusahaan bekerja sama dengan LPPM UNIKARTA (Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat) melaksanakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kerjasama Kemitraan 2016 – 2017 yang ditempatkan di 2 kelurahan, yaitu Sanipah & Teluk Pemedas di kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kertanegara.

Program yang dinamakan KKN-K2 (Kuliah Kerja Nyata – Kerjasama Kemitraan) adalah program studi kemahasiswaan yang dilaksanakan sebagai wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi poin ke 3 yaitu pengabdian kepada masyarakat. Program yang diinisiasi oleh TEPI dengan LPPM UNIKARTA ini baru pertama kali dilaksanakan dan bertujuan untuk :

1. Sebagai wadah dan wujud sinergitas perusahaan, institusi pendidikan tinggi serta masyarakat.

2. Memberikan pengalaman yang baru kepada mahasiswa baik pengalaman belajar, keterlibatan langsung didalam masyarakat & secara langsung terlibat, menemukan, merumuskan, memecahkan permasalahan secara prakmatis dan interdisipliner.

3. Membangun harmonisasi dengan banyak pemangku kepentingan, baik perusahaan, pemerintah kecamatan serta masyarakat di sekitar daerah operasi TEPI  melalui dukungan perusahaan terhadap kegiatan pendidikan dan penelitian, terutama di kabupaten Kutai Kertanegara dan khususnya kecamatan Samboja.

4. Mengembangkan kapasitas dan kualitas pendidikan khususnya mahasiswa UNIKARTA untuk terjun dan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat & perusahaan.

Serah terima telah dilakukan dari pihak kampus Universitas Kutai Kertanegara dengan dihadiri langsung oleh kepala LPPM UNIKARTA Dr Ir Ince Raden MP, Camat Kecamatan Samboja Bapak Ahmad Junaidi S.Pd, MM serta perwakilan dari TEPI.

Camat Samboja sangat menyambut baik program ini dan berharap bisa berkelanjutan di masa yang akan datang. Pelaksanaan program KKN-K2 (Kuliah Kerja Nyata – Kerjasama Kemitraan) dilaksanakan dari tanggal 10 Juli – 25 Agustus 2017 dengan melibatkan 28 Mahasiwa yang ditempatkan di 2 kelurahaan Sanipah & Teluk Pemedas.

Rencana program peserta KKN-K2 telah di matangkan dalam proses diskusi dalam acara Santi Aji di Universitas Kutai Kertanegara dan langsung diberikan arahan dan materi oleh tim LPPM UNIKARTA beserta Perwakilan CSR TEPI bidang Pendidikan & Penelitian. Semua program yang ada berdasarkan proses kajian dan visit program ke lapangan dari Tim LPPM UNIKARTA, Pihak Kecamatan Samboja dan Tim CSR TEPI.

Beberapa hari pelaksanaan program KKN-K2, 28 peserta program bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat telah melaksanakan beberapa program yang telah direncanakan serta program-program tambahan dari hasil diskusi dan penelitian di masyarakat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *