Fasilitas Penunjang Kegiatan Mahasiswa

Universitas Kutai Kartanegara menyediakan pelayanan fasilitas untuk mendukung pembinaan minat dan bakat mahasiswa, seperti fasilitas-fasilitas penunjang berikut:

1. Lapangan Unikarta

Lapangan ini terletak di dalam kampus Unikarta, terletak di tengah-tengah Universitas dan digunakan untuk bermacam – macam kegiatan yang diizinkan Rektor Unikarta. Lapangan ini dapat digunakan oleh mahasiswa dan sivitas akademika Unikarta serta masyarakat umum atas izin Rektor Unikarta

2. Lapangan Basketball dan Futsal

Lapangan ini berlokasi di dalam Unikarta dan digunakan oleh Unit Basketball Mahasiswa dan Club basketball serta unit Futsal Mahasiswa, . Pihak luar diperkenankan memakai lapangan ini setelah mendapatkan izin dari Rektor Unikarta.
3. Bem Mahasiswa

BEM Unikarta merupakan organisasi intern kampus yang bergerak pada bidang advokasi dan politik mahasiswa. Organisasi ini mempunyai wewenang menjalankan tugasnya di bawah pengawasan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Unikarta. BEM Unikarta di dalamnya terdapat kumpulan mahasiswa yang Memiliki dedikasi tinggi dalam menjalankan fungsinya sebagai agen perubahan (Agent of Change), Agen Pengawasan (Agent Of Control). BEM Unikarta dalam kiprahnya di intern kampus mengawal kebijakan-kebijakan yang ditelurkan oleh pihak Fakultas dan pihak universitas. Sedangkan di ekstern lembaga BEM Unikarta berkiprah dalam mengawal dan mengwasin isu pemerintahan yang perlu dikaji.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga tinggi kemahasiswaan sebagai sentral koordinasi dan informasi serta memiliki peran sebagai penampung, Pembina, penyalur pengontrol, pengakomodir bakat, minat, profesi dan kegiatan mahasiswa di lingkungan Unikarta, Sedangkan lembaga-lembaga organisasi intra kampus yang ada dibawahnya meliputi BEM Fakultas dan HMJ.

Badan Eksekutif Mahasiswa Unikarta merupakan suatu organisasi eksekutif di tingkat Universitas yang merupakan salah satu wadah dimana tempat menerima dan menyalurkan, serta memperjuangkan aspirasi mahasiswa serta tempat pengembangan kretifitas mahasiswa.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara juga merupakan salah satu organisasi mahasiswa ditingkat yang ada dalam lingkungan Universitas, sebagai salah satu tempat dimana berhimpunnya seluruh Mahasiswa fakultas dan UKM dari semua jurusan yang ada, maka sudah sewajarnya Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara menjadi Aktor utama yang mampu berbuat untuk kepentingan/kemajuan Mahasiswa di Universitas Kutai Kartanegara.

Masing-masing dari fakultas mempunyai Badan Eksekutif Mahasiswa

4. Masjid Al-Hijrah

Masjid Al-Hijrah ini juga terletak di tengah-tengah lingkungan Unikarta. Unikarta setiap hari sabtunya langsung dipimpin oleh Rektor Unikarta mengadakan kegiatan spritual gathering yang di ikuti mahasiswa/i dan seluruh civitas Unikarta.