FAI Unikarta Raih Akreditasi B dari BAN-PT

TENGGARONG-Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) tidak main-main didalam melakukan upaya percepatan dan peningkatan kualitas. Fakultas Agama Islam (FAI) memperoleh predikat mengesankan, yaitu akreditasi B langsung dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
“Alhamdulillah berkah yang luar biasa. Kami sudah mendapatkan SK bahwa Prodi Pendidikan Agama Islam. Ini peringkat yang bukan main-main. Kami naik sembilan digit dari penilaian dulu yang 301 sekarang menjadi 310. Ini luar biasa dan suatu keberkahan bagi kami,” kata Dekan FAI H. Mubarak kepada koran kaltim kemarin.
Dekan FAI yang baru dilantik menggantikan Dekan sebelumnya ini menyampaikan capaian raihan FAI ini merupakan jawaban tegas kepada masyarakat sehubungan dengan surat edaran Menteri beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa Prodi yang boleh diikuti oleh PNS untuk tugas belajar dan izin belajar itu hanyalah yang berperingkat akreditasi B.
“Sekarang FAI bisa mempertahankan itu, dan ini adalah kondisi yang luar biasa bagi kami. Mudah-mudahan kami dapat mempertahankan lagi, dan kedepan mungkin lebih kepada penataan internal seperti jaminan mutu, hingga kualitas pelayanan yang pastinya akan mengalami perbaikan lagi,” ucapnya.
FAI bertekad kedepan akan mempertahankan dan akan berupaya agar bisa mendapatkan areditasi A. Capaian yang sekarang ini pun tentunya merupakan kontribusi langsung dari pihak Universitas dalam hal ini Rektor Dr. Sabran selaku pimpinan perguruan tinggi yang memiliki julukan sebagai Kampus Ungu tersebut.

SK AKREDITASI : Rektor Universitas Kutai Kartanegara, Dr Sabran didampingi Dekan Fakultas Agama Islam, H Mubarak memperlihatkan SK Akreditasi B Dari BAN-PT (adv/hei)

“Apresiasi setingginya bagi rektor yang telah membantu merealisasikan niat kita dari awal untuk mempertahankan nilai B ini, perjuangannya luar biasa. Kami sempat mengikuti semacam penataran untuk manajemen internal yang dilakukan oleh tim yang langsung dibawah binaan pak Budi Djatmiko,” jelasnya.
Mubarak mengungkapkan apresiasi dari pihak BAN-PT juga sangat luar biasa. Mereka mengakui bahwa Unikarta saat ini sedang melakukan penataan luar biasa secara internal. “Dan ini mudah-mudahan dilihat oleh orang luar, ini harapan kita bahwa kita tidak main-amin dalam melakukan upaya percepatan perguruan tinggi,” ungkapnya.
Senada dengan Dekan FAI, Rektor Unikarta, Dr Sabran menegaskan raihan FAI ini merupakan peran serta dan andil yang besar dari berbagai macam pihak, baik dalam kerja sama internal Unikarta maupun kerjasama bersama pihak luar.
“Semua pihak berperan, pihak pemerintah kabupaten bersama bupati, DPRD Kukar dan perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra kerja. Capaian ini adalah ikhtiar itu harus diiringi dengan doa, ibarat kita berdoa itu sepuluh, maka doanya itu harus dua puluh. Karena orang yang beriman, orang yang berilmu itu pasti derajatnya ditinggikan oleh Allah SWT,” tegas Sabran. (adv/hei)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *