,

FAI Unikarta Gelar MTQ Tingkat Mahasiswa dan SMA se-Kaltim

TENGGARONG – Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Kutai Kartane-gara (Unikarta) akan menggelar Lomba MTQ tingkat Mahasiswa dan SMA sederajat se-Kalimantan Timur (Kaltim), Senin, 31 Juli mendatang.

Rektor Unikarta Dr Sabran dengan didampingi Dekan FAI H Mubarak mengatakan gelaran MTQ ini merupakan ajang perdana yang dilakukan pihak Kampus. Ajang perdana ini sekaligus bentuk dukungan dan men-yinkronkan dengan program Pemkab Kukar pada Gerbang Dayaku II ini yakni Gerakan Etam Mengaji.

“Gelaran ini untuk mengembangkan tradisi keislaman khususnya melalui minat baca Al-Quran kemudian mengembangkan tradisi kesenian Al-Quran, karena tidak hanya MTQ nanti ada juga Syahril Quran, Khatthil Quran Modern dan Makalah Ilmiah Al-Quran,” kata H Mubarak kepada Koran Kaltim, kemarin.

Mubarak menjelaskan selain satu visi dengan Program Pemerintah yakni Gerakan Etam Mengaji, gelaran MTQ ini juga untuk tetap menjaga tradisi nilai-nilai keislaman di Kabupaten Kutai Kartanegara terutama bagi Mahasiswa dan pelajar.

“Ini semua untuk membina keislaman kita di Kukar terutama di mahasiswa dan pelajar, kemudian implikasi lain kita harapkan agar ada kesinambungan kinerja,” jelasnya.

“Karena background kita ini Fakultas Agama Islam maka kesinambungan pengembangan berbudi bahasa juga bisa menyeimbangkan dengan nilai keislaman itu, salah satunya kegiatan bersifat islami yakni MTQ,” imbuh Mubarak.

Hal ini diharapkan agar ada sinergi antara kegiatan kemahasiswaan dengan background FAI Unikarta. Untuk implikasi langsung ke Universitas, gelaran MTQ ini merupakan perdana dan sekaligus turut menyemarakkan ulang tahun Dies Natalis Unikarta yang ke-33 tahun. “Harapan beliau (Rektor, Red.) ini sejalan dengan program pemerintah yakni Gerakan Etam Mengaji yang tertuang di dalam Perbup 26/2016 yang di dalamnya ada upaya untuk mendorong masyarakat bisa mengaji,” ungkapnya.

Sementara itu, panitia MTQ, Al Fahri menyampaikan gelaran lomba budaya Islami ini diselenggarakan mulai 31 Juli – 4 Agustus. “Lingkup se-Kaltim, target peserta kami 100 orang karena lebih banyak pasti lebih ramai. Adapun yang sudah mendaftarkan untuk sementara ini ialah dari IAIN Samarinda, Polnes, Unmul, Pesantren Al Hidayah, SMK Pertambangan, SMA 1 Tenggarong, SMA 1 Loa Kulu, PPKP dan SMA IT Nurul Ilmi. Bagi yang ingin mendaftar bisa langsung ke Sekretariat BEM FAI Unikarta atau contact person di 085250408830 (Nur Hidayat), 082342668217 (Khairunnisa) 085346700934 (Al Fahri) dan 082255077054 (Sopianus Sauri),” pungkasnya.

FAI Unikarta

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *