Diklat Penyamaan Persepsi Penilaian Beban Kerja Dosen (BKD) PTS Kalimantan Timur di Lingkungan KOPERTIS Wilayah XI

BANJARMASIN – Saat ini, Kopertis Wilayah XI sangat kekurangan Asesor untuk penilaian beban kerja dosen (BKD). Oleh karena itu kata Sekretaris Pelaksana Kopertis XI, Muhammad Akbar, pihaknya mengadakan acara pendidikan dan pelatihan.

Dimana acara tersebut dinarasumberi oleh Direktorat Karier Kemristekdikti Prof Dr Djoko Kustono. Selain itu juga dihadiri oleh 60 dosen PTS Kalimantan Timur.

Melalui rilis yang dikirim oleh Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan, dari kegiatan itu, Sekretaris Pelaksana Kopertis XI, Muhammad Akbar, mengharapkan peserta dapat menjadi asesor yang mempunyai Nilai Induk Registrasi Asesor (NIRA).

Asesor tersebut untuk menilai laporan BKD dosen yang sudah memiliki sertifikat pendidik. Selain itu asesor BKD akan mempunyai tugas menilai laporan kinerja dosen tiap semester selama satu tahun akademik.

“Beban Kinerja Dosen yang familiar disebut acara BKD, merupakan satuan SKS yang harus dicapai oleh seorang tenaga pendidik atau dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap BKD harus dinilai oleh seorang asesor, agar BKD yang dilaporkan sesuai peraturan yang berlaku,” ucap Akbar pada acara yang berlangsung di Balikpapan, Rabu (14/3/2018) tersebut.

Akbar juga menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai dokumen laporan BKD dan tata cara penilaian evaluasi BKD.

Dimana sering kali laporan BKD yang dibuat oleh dosen bersertifikasi tidak sesuai. Sehingga melalui acara itulah peran pentingnya seorang asesor BKD. Ia juga mengatakan kegiatan Diklat akan dilanjutkan untuk PTS Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Tengah.

Sementara itu, terkait kegiatan, Koordinator Kopertis XI Wilayah Kalimantan, Idiannor Mahyudin berpesan agar para peserta memahami setiap tugas dan memperlancar penilaian dokumen BKD.

“Pesan saya, peserta mampu benar-benar memahami tugasnya untuk memperlancar penilaian dokumen BKD. Sekaligus percepatan karir dosen dan akreditasi PTS dan institusi PTS” Ucap Idiannor.

Acara tersebut dimulai agenda penyampaian laporan panitia, yakni Kasubbag Kepegawaian, Imam Suharto, dan dibuka oleh Sekretaris Pelaksana Kopertis XI, Muhammad Akbar. Kemudian pemaparan oleh Narasumber.

Sumber : TRIBUN BANJARMASIN (klik disini)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *