Civitas Akademika Universitas Kutai Kartanegara Rayakan HUT RI Ke-72

TENGGARONG – Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke-72 juga digelar di Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) dan berlangsung khidmat, kamis (17/8).

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara ialah Rektor Unikarta, Dr Sabran dan turut dihadiri seluruh civitas akademika Unikarta. Dalam amanatnya, Rektor mengatakan usia ke-72 tahun bukanlah waktu yang singkat. Kata ‘merdeka’ membutuhkan pengorbanan yang sangat luar biasa baik harta dan jiwa raga yang telah dikorbankan dan diberikan para pejuang bangsa.

“Untuk itu kita hari ini sewajarnya dan sewajibnya-lah kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa mudah-mudahan para pejuang bangsa Indonesia yang telah mengorbankan harta dan jiwa raganya diterima di sisi Allah SWT sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan sampai pada hari ini,” katanya.

Sabran mengungkapkan makna merdeka pada hari ini bukan hanya merdeka secara fisik tetapi juga merdeka dari penjajah. Dan diharapkan dalam memaknai merdeka saat ini ialah bagaimana sebagai bangsa Indonesia dan civitas akademika Unikarta mengisi kemerdekaan dengan berbagai macam tugas dan kewajiban untuk diselesaikan secara baik dan komitmen kerja bersama.

“Merdeka ialah dengan mengisi kemerdekaan ini dengan menyelesaikan program-program kerja yang telah kita buat, bagaimana dosen, staf dan mahasiswa menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana mestinya. Merdeka bagaimana kita bertanggung jawab pada diri sendiri, menegakkan budaya kerja dan disiplin serta melaksanakan program visi dan misi Unikarta untuk mencapai Enterpreuner University,” ungkapnya.

Sabran menegaskan untuk menuju capaian itu maka dibutuhkan kedisiplinan, kerja sama, komitmen terhadap tujuan yang ditentukan. Oleh karena itu komitmen kebersamaan dengan kerja bersama maka keyakinan pada kemerdekaan yang dimaknai pada peringatan HUT RI ke-72 tahun ini mampu dijalankan dengan baik.

“Saya berharap banyak bahwa refleksi dari ruh kemerdekaan RI ke-72 tahun pada hari ini dimaknai kawan-kawan semua, mari kita sukseskan program-program yang kita buat. Baik terkait dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” tegasnya.

“Saya berkeyakinan Unikarta yang saat ini sudah 70 persen Prodi-nya akreditasi baik sekali, ke depan mampu lebih meningkat lagi. Oleh karena itu komitmen, kerja sama dan langkah kita harus kita satukan untuk menuju pada peningkatan Universitas Kutai Kartanegara,” imbuh Sabran. (adv/hei)

 

Sumber : Koran Kaltim

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *