,

Buka Lapak FEBIS.. Langkah Nyata Enterpreneur University

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara, secara resmi membuka kegiatan Buka Lapak Febis di lapangan parkir UNIKARTA. Kegiatan dibuka oleh Rektor Unikarta Dr. Sabran, SE.,M.Si. Dalam kesemptan tersebut, Rektor Unikarta didampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Ir. Thamrin, Wakil Rektor II Ahmad Riadi, S.Pdi.,M.Pdi, Dekan FEBIS UNIKARTA Syahrudin, SE.,M.Si, Ketua LPPM Unikarta Dr. Ir. Ince Raden, MP. Dalam sambutannya, Dr. Sabran mengatakan, kegiatan Buka Lapak Febis ini sebagai salah satu langkah menjalankan program entrepreneur university. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Buka Lapak Febis Unikarta, Alpian Nur menjelaskan,  kegiatan ini dibuka sebagai sarana untuk mewadahi mahasiswa dan masyarakat umum untuk membangkitkan semangat berwirausaha. “Juga menciptakan embrio pengusaha muda yang tanggap atas persaingan yang semakin kompetitif,” ujar Alpian.

Dia melanjutkan, kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka. “Saya berharap setiap tahun selalu diadakan oleh mahasiswa. Apa yang dipelajari di kelas bisa diterapkan di lapangan. Kegiatan ini salah satu wujud penerapan teori bisnis yang telah diajarkan dosen di kelas,” tegas Alpian. Sejauh ini sudah ada 16 stand yang sudah terisi dari mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 17  sampai 21 April 2017. “Kita buka kegiatan dari 09.00 pagi sampai 22.00,” terangnya.

Panitia Pelaksana Buka Lapak Febis Unikarta 2017 juga melaksanakan seminar nasional yang mengangkat tema Menumbuhkan Semangat Berwirausaha. Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikarta itu dihadiri Wakil Rektor III Unikarta Dr. Sujiman dan Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikarta Sugeng Raharjo SE.,MM.

Dalam kegiatan tersebut, panitia mendatangkan pemateri Ketua Komunitas Tangan Di Atas Kutai Kartanegara H. Muhammad Wahib Herlambang. “Seminar ini kita laksanakan untuk mewujudkan visi Rektor Unikarta yakni entrepreneur university,” ungkap Ketua Panitia Seminar Nasional Kewirausahaan Buka Lapak Febis Unikarta, Rizky Darmawan, Rabu (19/04). Ditegaskan Rizky, kegiatan ini dilaksanakan agar siswa dan masyarakat memahami visi Unikarta. “Sehingga tidak hanya belajar di kelas, tapi juga diterapkan. Orang Kutai bilang, kalau hanya belajar teori tanpa praktek itu rewa maha (percuma saja),” tegas Rizky.

Dia mengatakan, kegiatan seminar ini terbuka untuk umum. “Kami sudah komunikasi dengan pimpinan fakultas agar mahasiswa bisa ikut dalam kegiatan ini,” jelasnya. Peserta yang menghadiri kegiatan seminar ini akan mendapatkan sertifikat dari panitia. “Kami juga menyediakan makanan ringan untuk peserta,” ucap Rizky.

“Output yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah supaya mahasiswa memiliki kesadaran intelektual, progresif, inovatif, inspiratif, kreatif dalam mewujudkan entrepreneur university,” pungkasnya.

Rektor UNIKARTA, Dr. Sabran mengapresiasi pelaksanaan Buka Lapak Febis Unikarta yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikarta yang berlangsung pada tanggal 17-21 April 2017 di Lapangan Parkir Unikarta.

Dr. Sabran mengatakan, UNIKARTA merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut, karena secara langsung UNIKARTA dipromosikan kepada masyarakat dengan adanya pedagang-pedagang yang berjualan di lapak yang disediakan panitia. “Ternyata mahasiswa Unikarta sangat kreatif dan inovatif. Program ini menandakan program kewirausahaan itu sesuai dengan ghiroh atau semangat dari visi misi Unikarta. Sekaligus kita mengharapkan bahwa ini adalah nilai tawar di tengah ekonomi daerah yang menurun,” kata Dr. Sabran, Jum’at (21/04).

Dia menambahkan, kegiatan buka lapak juga telah menunjukkan produk-produk hasil kreativitas mahasiswa. ”Ada produk ulap doyo salah satu yang mendapat bantuan dari Dikti. Artinya ini adalah bukti bahwa mahasiswa Unikarta itu bagus, punya kreativitas yang tinggi,” pujinya.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikarta itu melihat mahasiswa Unikarta dan pemuda Kukar sangat kreatif mengembangkan produk. Oleh karena itu pihaknya akan terus mengembangkan minat usaha mahasiswa dan pemuda Kukar. “Nanti akan ada bisnis day. Kemudian ada program-program yang lebih kreatif lagi. Kita tingkatkan supaya yang sudah berjalan ini bisa terus dikembangkan. Nanti juga akan ada mitra dengan beberapa perusahaan, supaya mahasiswa bisa terus mengembangkan minat usahanya,” terangnya.

Lulusan Unikarta itu menegaskan, pemerintah mestinya mulai melihat potensi mahasiswa dan pemuda dalam mengembangkan usaha-usaha kreatif. “Ini menjadi salah satu cara untuk mengembangkan ekonomi kreatif, semi kreatif, dan mendorong adanya produk-produk baru yang berasal dari mahasiswa,” katanya.

Ke depan pihaknya akan menggandeng pemerintah daerah agar memfasilitasi lahirnya ekonomi kreatif yang dipelopori mahasiswa. “Kampus sudah memfasilitasi. Tinggal pemerintah, mau atau tidak mengembangkan ekonomi kreatif. Ini kalau dikembangkan terus akan mendorong pendapatan masyarakat yang berdampak pada meningkatnya Pendapatan Asli Daerah. Dimana-mana anak muda itu punya peran penting dalam mengembangkan ekonomi kreatif,” ucap Rektor.

 

 

Dikutip dari mediaperadaban.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *