,

Akan Buka Program Sarjana Jurusan Teknik Lingkungan dan Teknik Geologi, UNIKARTA Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan UPN “Veteran” Yogyakarta

Senin (01/10), bertempat di ruang rapat lantai 1 gedung Rektorat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta telah diselenggarakan penandatanganan piagam kesepahaman bersama antara Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta  dan perjanjian kerjasama antara Fakultas Teknik Unikarta dengan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran”Yogyakarta.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong yaitu Erwinsyah, SE, SH, M.Si, CLA selaku Rektor, Dekan Fak. Teknik Dr. Ir. Ibnu Hasyim, MT , Wakil Dekan II Fak. Teknik Triono, ST, MT dan Wakil Dekan III Fak. Teknik Akhmad Rifandy, ST, MT, juga dihadiri seluruh pimpinan Universitas dan Fakultas serta pimpinan lembaga dan biro di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta ini dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Piagam kesepahaman bersama ini merupakan sebuah bentuk perjanjian kerjasama yang akan dijalin antara Fakultas Teknik Unikarta dengan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta tentang kerjasama dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan pemberdayaan sumber daya manusia dengan ruang lingkup melaksanakan kegiatan di bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengembangan di bidang eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam dan pengabdian pada masyarakat dengan memberikan bantuan tenaga ahli dan sarana yang implementasinya antara lain berbentuk ;

  1. Penyediaan tenaga dosen dan sarana pembelajaran.
  2. Penelitian, pengkajian, perencanaan dan pengembangan bersama.
  3. Pengembengan sumber daya manusia dan pengabdian masyarakat.
  4. Seminar dan kegiatan ilmiah lainnya
  5. Penyediaan sarana laboratorium.

Rektor Unikarta Erwinsyah, SE, SH, M.Si, CLA dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kesedian dari pihak UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang dengan tangan terbuka mau melakukan kerjasama dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan pemberdayaan sumber daya manusia dengan Unikarta sebagai salah satu PTS di Kabupaten Kutai Kartanegara yang notabene daerah kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya mineral dan batubara sehingga butuh mencetak tenaga-tenaga ahli dan profesional dalam pengelolaannya.

Pada kesempatan yang diberikan kepada Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc melalui sambutannya, beliau mengungkapkan harapan dengan terjalinnya hubungan kerjasama ini agar kerjasama antar Universitas ini bisa untuk saling menguntungkan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak dan beliau mempersilahkan kepada Fakultas-fakultas lain/ Lembaga dari Unikarta jika ingin melakukan kerjasama seperti yang telah dilakukan oleh Fak.Teknik Unikarta dengan FTM .

Selanjutnya pada sesi diskusi dari Pihak Fakultas Teknik melalui Dekan Dr. Ir. Ibnu Hasyim menyampaikan salah satu program utama dari kerjasama ini adalah dengan akan diajukannya usulan pendirian Jurusan baru di lingkup Fak.Teknik Unikarta yaitu S1 Teknik Geologi dan S1 Teknik Lingkungan sehingga membutuhkan dukungan dan bimbingan dalam prosesnya. Pada kesempatan yang sama Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Akhmad Rifandy, ST, MT menyatakan kerjasama dengan UPN “Veteran” Yogyakarta ini atas dasar Fakultas dan Jurusan yang dimiliki oleh pihak UPN mempunyai karakteristik yang sama yaitu dalam bidang ilmu kebumian dan telah terakreditasi A,   kerjasama ini diharapkan tidak hanya dalam usulan pendirian jurusan baru saja namun juga dalam upaya peningkatan Akreditasi pada jurusan Teknik Pertambangan di Fak. Teknik Unikarta, kegiatan penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta kegiatan kemahasiswaan. Triono, ST, MT selaku Wakil Dekan II sekaligus Ketua Tim pembentukan Jurusan Teknik Lingkungan di Unikarta menyatakan nantinya Jurusan Teknik Lingkungan di Unikarta akan berbeda dengan jur Tek.Lingkungan lainnyakarena akan lebih konsen pada bidang ilmu kebumian seperti Geologi Pertambangan dalam implementasinya dalam lingkungan pertambangan, mitigasi bencana geologi dll yang sangat cocok untukdikembangan di Kalimantan Timur khususnya di Kab.Kutai Kartanegara sehingga akan menjadi Jurusan Tek. Lingkungan Kebumian pertama di Kalimantan, sedangkan  Dr. Ir. Suharsono, MT selaku Dekan Fakultas Teknologi Mineral dalam sesi diskusi menyatakan kesanggupannya bersama para Ketua Jurusan di lingkup FTM UPN”Veteran” untuk membantu Fak. Teknik Unikarta dalam usulan pengajuan pembukaan Jurusan S1 Teknik Geologi dan Teknik Lingkungan.

Selain pembicaraan mengenai dukungan rencana usulan pembukaan jurusan baru di Fak. Teknik Unikarta, juga dibicarakan peluang kerjasama program penelitian dan pengabdian masyarakat serta kegiatan kemahasiswaan seperti Geo-Park di wilayah Kalimantan Timur, Geo-Mine Wisata dan Riset bersama mengenai Mine Closeur (Penutupan Tambang) yang tentu saja diperlukan pembicaraan khusus untuk dapat melaksanakan program-program tersebut kedepannya.

Acara yang dilanjutkan dengan Penandatangan Piagam Kesepahaman Bersama oleh Rektor Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong Erwinsyah, SE, SH, M.Si, CLA dengan Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta  yakni Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc dan Perjanjian Kerjasama Oleh Dekan Fak. Teknik Unikarta Dr. Ir. Ibnu Hasyim, MT dengan Dekan Fak.Teknologi Mineral UPN ”Veteran” Yogyakarta Dr.Ir.Suharsono, MT. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan ditutup dengan doa ini diakhiri dengan pengabadian moment melalui foto bersama dengan jajaran Pimpinan Universitas dan seluruh pimpinan fakultas yang ada.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *